Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara
Membuat File PDF di microsoft office dan juga dijelaskan tentang
Cara Export dari Excel ke Notepad hal ini sebenarnya berkaitan dengan Cara Export Excel ke PDF
menggunakan VBA. Komponen yang diperlukan sama hanya tambahan pdf viewers
saja. Pastikan pada PC kamu sudah terinstall PDF Reader seperti Adobe PDF atau
Foxit misalnya.. Jika belum kamu bisa install dulu ya..
Setelah PC kamu
terinstall PDF Reader kamu bisa buka Excel kamu lalu buka jendela VBA dengan
Alt+F11 atau yang menggunakan Laptop dengan fitur fn bisa tekan fn+Alt+F11.
Lalu insert 1 Modul dan masukkna kode berikut
Sub BuatFolder()
	Dim Path As String
	Dim Folder As String
	Dim Answer As VbMsgBoxResult

	Path = ThisWorkbook.Path & "\Nama Folder"
	Folder = Dir(Path, vbDirectory)
	
  If Folder = vbNullString Then
		VBA.FileSystem.MkDir (Path)
	Else
	End If
End sub
Kode diatas digunakan untuk membuat folder sebagai media hasil export PDF,
pada "\Nama Folder" bisa kamu ganti sesuka kamu tapi harus sama dengan Path di
kode ExportPDF. Setelah itu kamu masukkan kode berikut
Sub ExportPDF()
	On Error Resume Next
	Dim szPath As String
	Dim szName As String
	Sheets(Array("Sheet1")).Select
	szName = "Nama File PDF"
	szPath = ThisWorkbook.Path & "\Folder PDF"
	ChDir szPath
	ActiveSheet.ExportAsFixedFormat Type:=xlTypePDF, Filename:= _
		szPath & "\" & szName & ".pdf", Quality:=xlQualityStandard, _
		IncludeDocProperties:=True, IgnorePrintAreas:=False, OpenAfterPublish:= _
		False
	Shell "explorer.exe """ & szPath & """", vbNormalFocus
End Sub
Lalu kamu simpan dan coba jalankan